Essay Dini (EDi)


Tahukah Kamu Keunikan Batik Tulis 
Di Daerah Bangkalan?

Oleh Dini Rosyada Mahmud


               Batik tulis merupakan hasil karya seni yang diciptakan oleh manusia. Batik tulis sendiri menjadi kearifan lokal di daerah Bangkalan, salah satu kabupaten yang ada di pulau Madura. Bentuk dan motif yang dibuat dengan ke khas-an, batik tulis Bangkalan memiliki keunikan yang masih dipertahankan dari segi produksi tradisionalnya. Kearifan lokal perlu dilestarikan agar tetap terjaga, pengrajin batik tulis di daerah Bangkalan banyak yang sudah berusia lanjut, hal ini perlu diteruskan oleh generasi muda di daerah Bangkalan dengan dikenalkan batik sejak usia dini agar mereka mencintai dan tau bagaimana cara melestarikan batik tulis.
            Dalam upaya melestarikan batik tulis di Bangkalan, contohnya terdapat rumah kerajinan batik tulis bernama “Batik Peri Kecil”. Rumah kerajinan “Batik Peri Kecil” ini merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah Bangkalan, sebagai bentuk pelestariannya “Batik Peri Kecil” menjual beragam batik tulis mulai dari bentuk kain panjang, sarung, pakaian anak-anak, daster, odheng, dan kemeja orang dewasa, disini juga membuka kelas edukasi cara membuat batik tulis bagi anak-anak, pelajar dan umum, serta teknik yang digunakan membuat kerajinan di “Batik Peri Kecil” yaitu teknik batik tulis media canting.
            Selain teknik yang digunakan dengan media canting. Dalam pembuatan batik tulis di Bangkalan ada yang menggunakan warna alami, warna alami dari bahan-bahan yang terdapat di daerah Bangkalan seperti: kulit kayu pohon tinggi, daun mangga, dan kulit manggis sehingga ramah lingkungan dan motif yang digunakan dalam batik tulis disini sesuai dengan lingkungan sekitar di daerah Bangkalan seperti akar, sabut kelapa, benang kusut, daun, dan bunga. Batik tulis Bangkalan memiliki nilai keindahan seperti penggunaan warna yang full color yang merupakan khas dari batik tulis Bangkalan dan nilai fungsi seperti digunakan sebagai sarung, pakaian dan kain panjang, nilai keindahan dan nilai fungsi keduanya saling melengkapi satu sama lain.
Adapun contoh nilai-nilai kearifan lokal dari batik tulis yang ada di Bangkalan seperti, Batik pacar cina yaitu batik yang mempunyai simbol sebagai tanda cinta, di daerah Bangkalan tradisi seorang pria jika melamar seorang gadis memberikan batik pacar cina, jika si gadis memakai batik tersebut artinya menerima lamaran, sebaliknya jika tidak dipakai artinya menolak lamaran pria tersebut dan batik bungon kecap biasanya batik tersebut digunakan sebagai odheng oleh orang Bangkalan sebagai simbol kewibawaan seseorang.
            Batik tulis merupakan warisan budaya harus ditransformasikan dan dilestarikan oleh generasi muda, batik tulis memiliki nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Batik hadir dalam berbagai kegiatan dan tradisi budaya kehidupan masyarakat. Batik tulis merupakan hasil karya seni yang indah, yang dilukiskan dalam motif dan warna batik tulis khas Bangkalan. Peranan pengrajin batik sangat penting untuk menjaga kelestarian dan mengenalkan generasi muda untuk mencintai kearifan lokal di daerah Bangkalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebun Dini

Puisi

Diary Dini (DiDi)