Diary Dini (DiDi)


Lukisan Cerita Di Hari Sabtu
Dini Rosyada Mahmud

            Detik terus berjalan dan hari-hari pun terasa cepat berlalu. Pagi menyambutku dengan dinginnya udara menjadi penghantar aktivitasku hari ini. Aku bertemu kembali dengan hari Sabtu, bagiku Sabtu merupakan hari yang bahagia, hari ini merupakan minggu ke-3 pengabdian akbar 1 GEMAPEDIA UM di SDN Ngadas 2. Setelah disibukkan dengan aktivitas kuliah, saatnya hari Sabtu bertemu adik-adik SDN Ngadas 2 kembali. Perjalanan menuju sekolah dimulai pukul 06.00 WIB bersama teman-temanku. Kulewati kembali jalan beraspal yang berkelok-kelok, menanjak, dan curam dengan di kelilingi oleh pepohonan yang rindang dan besar itu. Di dalam perjalanan cuacanya sedikit berkabut dan tak jarang kita disuguhkan dengan nyanyian alam yaitu kicauan burung yang menjadi pemecah keheningan di antara pepohonan yang lebat. Serta terdapat bunga yang tumbuh di pinggir jalan secara alami itu menambah keindahan yang di suguhkan oleh alam.
            Keindahan yang disuguhkan oleh alam sepanjang perjalanan, menghantarkan kita sampai ke tempat tujuan yaitu SDN Ngadas 2. Di depan sekolah adik-adik terlihat mengenakan seragam olahraga, saat datang mereka tersenyum dan bersalaman dengan kita. Hari ini kita ada kegiatan senam pagi, adik-adik berbaris dengan rapi mulai dari kelas satu sampai enam. Di depan teras sekolah telah disediakan sound atau pengeras musik untuk mengiringi gerakan senam pagi ini. Diawali dengan melakukan senam pinguin bersama, gerakan dalam senam pinguin ringan dan lucu terlihat adik-adik senang mengikuti gerakan instruktur yang dipimpin oleh salah satu Laskar Dewantara. Setelah senam pinguin, selanjutnya adik-adik senam pramuka, gerakannya lebih aktif dari senam pinguin, dalam senam pramuka adik-adik juga terlihat semangat. Bahkan banyak diantara adik-adik yang sudah hafal gerakan senam pinguin dan pramuka. Kegiatan senam pagi ini dilakukan sekitar 30 menit.
            Kegiatan senam pramuka telah selesai dilakukan sekitar 30 menit, saatnya adik-adik masuk ke dalam kelas masing-masing. Aku dan temanku masuk ke dalam kelas tiga kembali, Alhamdulillah hari ini kelas tiga hadir semua ada tujuh adik-adik yaitu Franda, Sandra, Kristina, Fatahul, Budi, Reysa, dan Aizul. Seperti biasa mereka senang bercanda dengan temannya saat aku masuk ke kelas. Aku dan temanku terlebih dahulu mengkondisikan kelas lalu mengucapkan salam dan melakukan kegiatan pembuka dengan berdoa sebelum belajar, menyanyikan lagu nasional dan daerah bersama, serta memberikan pertanyaan apersepsi kepada adik-adik di kelas. Hari ini kita belajar bersama adik-adik tentang benda-benda di sekitar, adik-adik dikenalkan dengan pengertian benda secara sederhana, dua jenis benda yaitu benda hidup dan mati beserta contoh dan manfaat dari benda tersebut.
            Dalam pembelajaran ini kita menjadi teman belajar adik-adik sambil mengajaknya bermain, terdapat beberapa kegiatan yang kita lakukan. Pertama, adik-adik diajak bernyanyi bersama yaitu lagu “Naik Delman” dan “Topi Saya Bundar” lalu melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan. Kedua, menjelaskan pengertian benda secara sederhana dan 2 jenis benda yaitu benda hidup dan mati. Ketiga, kita meminta adik-adik menyebutkan benda-benda di sekitar dengan mengajaknya keluar kelas untuk melihat lingkungan di sekitarnya. Setelah kembali ke dalam kelas, keempat, kita meminta adik-adik menggambar benda hidup maupun benda mati yang menjadi favoritnya, di dalam gambar tersebut diberi keterangan jenis benda dan manfaat dari benda tersebut, setelah selesai menggambar mereka menceritakan hasilnya satu per satu di depan kelas. Kelima, kita membagi 2 kelompok untuk kegiatan mengklasifikasikan benda hidup dan benda mati dengan media pembelajaran kartu ajaib.
            Dari kelima kegiatan tersebut, yang paling membuatku berkesan saat adik-adik melakukan kegiatan menggambar. Adik-adik kelas tiga rata-rata senang dan memiliki bakat menggambar, jadi kita masukkan dalam kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran di kelas. Aku sudah menyiapkan 7 kertas HVS untuk adik-adik menggambar, di dalam kertas putih yang kosong tersebut adik-adik menggambar benda yang mereka sukai dengan kreasi mereka sendiri. Tidak lupa aku juga menyuruhnya untuk menuliskan jenis benda dan manfaat dari benda tersebut di samping gambar mereka. Dengan kegiatan menggambar yang diterapkan, kelas menjadi lebih kondusif dan yang tak kalah penting pengaturan tempat duduk juga mempengaruhi proses belajar di dalam kelas. Hasil gambaran adik-adik kelas tiga begitu kreatif dan bagus. Karakteristik adik-adik kelas tiga mereka akan semangat belajar jika disertai dengan menggambar. Kegiatan belajar mengajar hari ini merupakan pengalaman sekaligus pelajaran bagiku untuk terus memperbaiki dan membuat kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar proses pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 dimana peserta didik harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas.

Komentar

  1. Ibu bangga dan senang membaca diskripsimu ini nak, dengan pengalaman terjun langsung di lapangan bisa menjadikan pengalaman yang sangat berharga sekali, nandaku sudah bisa mengomplementasikan K13 dengan pembelajaran yang apresiatif, tetap semangat dan semangat, doa ibu selalu menyertaimu Nak, semoga sukses selalu, Amiin

    BalasHapus
  2. Amiin Ya Allah, Doa Ibu sangat berarti bagiku. Terimakasih Bu 😘♥️

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebun Dini

Puisi

Diary Dini (DiDi)