Diary Dini (DiDi)
Lukisan Cerita Di Hari Sabtu
Dini Rosyada Mahmud
Detik terus berjalan dan hari-hari
pun terasa cepat berlalu. Pagi menyambutku dengan dinginnya udara menjadi
penghantar aktivitasku hari ini. Aku bertemu kembali dengan hari Sabtu, bagiku Sabtu
merupakan hari yang bahagia, hari ini merupakan minggu ke-3 pengabdian akbar 1
GEMAPEDIA UM di SDN Ngadas 2. Setelah disibukkan dengan aktivitas kuliah,
saatnya hari Sabtu bertemu adik-adik SDN Ngadas 2 kembali. Perjalanan menuju
sekolah dimulai pukul 06.00 WIB bersama teman-temanku. Kulewati kembali jalan
beraspal yang berkelok-kelok, menanjak, dan curam dengan di kelilingi oleh
pepohonan yang rindang dan besar itu. Di dalam perjalanan cuacanya sedikit
berkabut dan tak jarang kita disuguhkan dengan nyanyian alam yaitu kicauan
burung yang menjadi pemecah keheningan di antara pepohonan yang lebat. Serta terdapat
bunga yang tumbuh di pinggir jalan secara alami itu menambah keindahan yang di
suguhkan oleh alam.
Keindahan yang disuguhkan oleh alam
sepanjang perjalanan, menghantarkan kita sampai ke tempat tujuan yaitu SDN
Ngadas 2. Di depan sekolah adik-adik terlihat mengenakan seragam olahraga, saat
datang mereka tersenyum dan bersalaman dengan kita. Hari ini kita ada kegiatan
senam pagi, adik-adik berbaris dengan rapi mulai dari kelas satu sampai enam. Di
depan teras sekolah telah disediakan sound
atau pengeras musik untuk mengiringi
gerakan senam pagi ini. Diawali
dengan melakukan senam pinguin bersama, gerakan dalam senam pinguin ringan dan
lucu terlihat adik-adik senang mengikuti gerakan instruktur yang dipimpin oleh
salah satu Laskar Dewantara. Setelah senam pinguin, selanjutnya adik-adik senam
pramuka, gerakannya lebih aktif dari senam pinguin, dalam senam pramuka adik-adik
juga terlihat semangat. Bahkan banyak diantara adik-adik yang sudah hafal
gerakan senam pinguin dan pramuka. Kegiatan senam pagi ini dilakukan sekitar 30
menit.
Kegiatan senam pramuka telah selesai
dilakukan sekitar 30 menit, saatnya adik-adik masuk ke dalam kelas
masing-masing. Aku dan temanku masuk ke dalam kelas tiga kembali, Alhamdulillah
hari ini kelas tiga hadir semua ada tujuh adik-adik yaitu Franda, Sandra,
Kristina, Fatahul, Budi, Reysa, dan Aizul. Seperti biasa mereka senang bercanda
dengan temannya saat aku masuk ke kelas. Aku dan temanku terlebih dahulu
mengkondisikan kelas lalu mengucapkan salam dan melakukan kegiatan pembuka
dengan berdoa sebelum belajar, menyanyikan lagu nasional dan daerah bersama,
serta memberikan pertanyaan apersepsi kepada adik-adik di kelas. Hari ini kita
belajar bersama adik-adik tentang benda-benda di sekitar, adik-adik dikenalkan
dengan pengertian benda secara sederhana, dua jenis benda yaitu benda hidup dan
mati beserta contoh dan manfaat dari benda tersebut.
Dalam pembelajaran ini kita menjadi
teman belajar adik-adik sambil mengajaknya bermain, terdapat beberapa kegiatan
yang kita lakukan. Pertama, adik-adik diajak bernyanyi bersama yaitu lagu “Naik
Delman” dan “Topi Saya Bundar” lalu melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan
materi yang akan diajarkan. Kedua, menjelaskan pengertian benda secara
sederhana dan 2 jenis benda yaitu benda hidup dan mati. Ketiga, kita meminta
adik-adik menyebutkan benda-benda di sekitar dengan mengajaknya keluar kelas
untuk melihat lingkungan di sekitarnya. Setelah kembali ke dalam kelas, keempat,
kita meminta adik-adik menggambar benda hidup maupun benda mati yang menjadi
favoritnya, di dalam gambar tersebut diberi keterangan jenis benda dan manfaat
dari benda tersebut, setelah selesai menggambar mereka menceritakan hasilnya
satu per satu di depan kelas. Kelima, kita membagi 2 kelompok untuk kegiatan
mengklasifikasikan benda hidup dan benda mati dengan media pembelajaran kartu
ajaib.
Dari kelima kegiatan tersebut, yang
paling membuatku berkesan saat adik-adik melakukan kegiatan menggambar. Adik-adik
kelas tiga rata-rata senang dan memiliki bakat menggambar, jadi kita masukkan
dalam kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran di kelas.
Aku sudah menyiapkan 7 kertas HVS untuk adik-adik menggambar, di dalam kertas
putih yang kosong tersebut adik-adik menggambar benda yang mereka sukai dengan
kreasi mereka sendiri. Tidak lupa aku juga menyuruhnya untuk menuliskan jenis
benda dan manfaat dari benda tersebut di samping gambar mereka. Dengan kegiatan
menggambar yang diterapkan, kelas menjadi lebih kondusif dan yang tak kalah
penting pengaturan tempat duduk juga mempengaruhi proses belajar di dalam
kelas. Hasil gambaran adik-adik kelas tiga begitu kreatif dan bagus. Karakteristik
adik-adik kelas tiga mereka akan semangat belajar jika disertai dengan
menggambar. Kegiatan belajar mengajar hari ini merupakan pengalaman sekaligus
pelajaran bagiku untuk terus memperbaiki dan membuat kegiatan pembelajaran yang
kreatif dan inovatif agar proses pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013
dimana peserta didik harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas.
Semangat Say
BalasHapusTerimakasih, semangat juga 😊
HapusIbu bangga dan senang membaca diskripsimu ini nak, dengan pengalaman terjun langsung di lapangan bisa menjadikan pengalaman yang sangat berharga sekali, nandaku sudah bisa mengomplementasikan K13 dengan pembelajaran yang apresiatif, tetap semangat dan semangat, doa ibu selalu menyertaimu Nak, semoga sukses selalu, Amiin
BalasHapusAmiin Ya Allah, Doa Ibu sangat berarti bagiku. Terimakasih Bu 😘♥️
BalasHapus