Lomba Menulis Blog Kementerian Perhubungan RI


Peranan Transportasi Dalam Meningkatkan Sektor Pariwisata Dan Ekonomi

Dini Rosyada Mahmud
#lombamenulisblogkemenhub 
http://dephub.go.id/

Apa yang kalian pikirkan mendengar kata “Indonesia”?, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang berada di Asia. Terkenal dengan keberagaman suku, ras, agama, budaya dan keindahan alamnya,  sehingga Indonesia menjadi daya tarik para wisatawan. Kekayaan alam dan warisan budaya merupakan komponen penting yang dimiliki pariwisata di Indonesia. Destinasi pariwisata yang terkenal di Indonesia seperti Ubud, Candi Borobudur, Pulau Komodo, Nusa Penida, Ibu Kota Jakarta, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan masih banyak lagi destinasi pariwisata lainnya di Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) dari dinas jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada tahun 2018 mencapai 15,81 juta jiwa, jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya.
Meningkatnya jumlah wisatawan harus diimbangi dengan pertumbuhan transportasi yang memadai, karena berpengaruh pada jumlah wisatawan mancanegara maupun lokal serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Unsur yang penting dalam pariwisata adalah transportasi, yang merupakan fasilitas dalam membawa wisatawan ke tempat tujuan destinasi. Transportasi seiring berkembangnya zaman semakin mudah dan modern membantu menghubungkan antar wilayah di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Indonesia sudah memiliki transportasi darat, laut, dan udara yang memudahkan wisatawan berpergian ke tujuan destinasi wisata. Serta fasilitas transportasi yang digunakan harus aman agar wisatawan merasa nyaman selama di perjalanan. Contohnya Stefan seorang wisatawan mancanegara dari Singapura berangkat ke Malang menggunakan pesawat terbang, tujuan destinasi wisatanya mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, maka Stefan harus melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan mobil jeep untuk sampai kesana.
Transportasi yang memadai menjadi pendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pertumbuhan ekonomi. Peran transportasi berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi, dengan adanya transportasi baik darat, laut, maupun udara membuka kesempatan ekonomi seperti lapangan pekerjaan dan distribusi barang serta jasa di berbagai wilayah di Indonesia. Penerbangan merupakan salah satu transportasi yang digunakan oleh wisatawan mancanegara untuk menggunjungi Indonesia, penerbangan salah satu contoh yang menjadi pendukung berbagai kegiatan di sektor ekonomi. Untuk itu, perlunya membangun atau memperbaiki infrastruktur transpostasi seperti di pelabuhan, bandara, stasiun, jalan raya, serta lainnya dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan jumlah wisatawan.
Di Indonesia saat ini pembangunan dan perbaikan infrasktuktur transportasi terus dilakukan, untuk memudahkan akses di berbagai wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Indonesia sudah memiliki transportasi baik di darat, laut, dan udara yang memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing. Pemerintah harus menyediakan transportasi yang memadai, agar wisatawan merasa aman dan nyaman selama di perjalanan. Transportasi yang memadai menjadi pendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pertumbuhan ekonomi. Transportasi menjadi fasilitas dalam membawa wisatawan ke tempat tujuan destinasi di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu, transportasi juga mempunyai peran bagi pertumbuhan ekonomi, dengan adanya transportasi baik darat, laut, maupun udara membuka pertumbuhan lalu lintas ekonomi seperti di Bandara tempat wisatawan masuk dan keluar Indonesia. Peranan transportasi dalam kehidupan masyarakat Indonesia sangat penting untuk upaya meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebun Dini

Puisi

Diary Dini (DiDi)