Diary Dini (DiDi)


JEJAK DI KOTA PROKLAMATOR
Dini Rosyada Mahmud

MP3 sebutan Mahasiswa Peneliti dan Penulis Produktif mengadakan kegiatan refreshing, dengan kegiatan yang menyenangkan yaitu berkunjung ke kampus 3 UM dan ke museum Bung Karno di kota Proklamator. Kota Proklamator merupakan sebutan lain dari kota Blitar karena tak lepas dari sejarah perjuangan Bung Karno dan pahlawan lainnya. Kota ini berada 80 km sebelah barat dari kota Malang. Sembilan anggota MP3 berangkat pada hari minggu (29/9) ke kota Proklamator dengan menggunakan kereta api, sekitar dua jam perjalanan dari kota Malang. Kegiatan ini memiliki tujuan agar mempererat rasa kekeluargaan antar anggota MP3, ajang silaturahmi dengan teman-teman kampus 3 UM, dan mengunjungi tempat bersejarah di kota Proklamator. Salah satu tempat bersejarah yang anggota MP3 kunjungi yaitu museum Bung Karno, tempat tersebut tidak jauh jaraknya dari kampus 3 UM hanya sekitar 1 km. Di sepanjang jalan dekat lokasi tersebut, banyak berdiri toko-toko menjual lukisan Bung Karna dan barang hasil kesenian yang terlihat klasik namun unik dan menarik.
Di hari wekeend sabtu dan minggu terlihat jumlah pengunjung yang meningkat banyak dan pengunjung yang datang bukan hanya dari kota Proklamator tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia untuk melawat di makam Bung Karno atau belajar sejarah di museum Bung Karno. Tak perlu khawatir di sana banyak sekali pedagang yang menjual kebutuhan pengunjung, seperti menjual makanan, minuman, dan sovenir-sovenir khas kota Proklamator untuk dibawa pengunjung sebagai oleh-oleh. Desain tempatnya juga cukup menarik, sehingga membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama mengujunginya. Selain itu, kebersihan di tempat ini juga di perhatikan, di beberapa sudut tempat diberi tempat sampah.
            Didepan museum terdapat patung Bung Karno sebagai Icon tempat tersebut. Masuk ke dalam museum Bung Karno, kita di sambut oleh petugas administrasi dan disampingnya terdapat lukisan Bung Karno yang berdiri menggunakan jas dan tongkat kesayangannya. Museumnya sangat menarik dan di tata rapi sedemikian rupa. Pertama, kita akan diperlihatkan lukisan yang besar, merupakan lukisan ibu dan bapak dari Bung Karno. Kedua, terdapat banyak lukisan-lukisan Bung karno yang dilukis oleh pelukis terkenal dan legendaris. Ketiga, selain lukisan bung Karno berjajar lukisan-lukisan berukuran besar pahlawan Indonesia. Keempat, dokumentasi berupa foto-foto bersejarah Bung Karno mulai dari acara keluarga Bung Karno, pernikahan anak Bung Karno, saat Bung Karno menjadi mahasiswa T.H.S Bandung, kunjungan Bung Karno ke negara lain, Bung Karno saat menghadiri KTT pertama dan dokumentasi lainnya. Keempat, diperlihatkan jas kebanggaan Bung Karno yang legendaris. Kelima, piagam berharga Bung Karno seperti pemberian sertifikat gelar doctornya. Dan masih banyak lagi yang akan kita temukan di museum Bung Karno. Tidak sekedar jalan-jalan saja, tetapi kita bisa belajar sejarah dengan lebih asyik dan bermakna. Kalau jalan-jalan ke kota Proklamator wajib mengunjungi museum Bung Karno agar kita sebagai orang Indonesia tidak melupakan sejarah panjang Bangsa Indonesia.

Komentar

  1. Bagus nak, semua itu bisa menjadi pengalaman berharga untukmu nak, semoga nandaku tercinta selalu dilindungi Allah SWT, amiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebun Dini

Puisi

Diary Dini (DiDi)